ANALISA SWOT SITUS E-COMMERCE LAZADA, TOKOPEDIA, ELEVENIA, BUKALAPAK DAN BLIBLI.COM (TUGAS 6)


                                Image result for kekuatan ,kelemahan dan ancaman dari produk lazada






                                                         LAZADA
Lazada.co.id adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan berbagai produk terlengkap dan terpercaya di Indonesia. memenuhi segala kebutuhan dengan menawarkan berbagai pilihan produk dari segala kategori, mulai dari elektronik, komputer, laptop, tablet, kamera, furnitur, mainan dan peralatan anak-anak, buku, alat olahraga, produk kecantikan, dan lain- lain. Temukan kemudahan berbelanja dengan produk- produk dari merk ternama, baik lokal maupun internasional di Lazada.co.id
Lazada.co.id selalu mengikuti perkembangan produk- produk terbaru dari berbagai kategori. Dengan fasilitas pre-order, Memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang  diinginkan. Berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik. Informasi mengenai segala produk yang diinginkan juga bisa didapatkan dengan mudah di website untuk kenyamanan berbelanja.
Saat ini Lazada.co.id sudah menggandeng merk ternama seperti Acer, Apple, Asus, Blackberry, Canon, Dell, HP, HTC, LG, Nikon, Nokia, Panasonic, Samsung, Sony, Toshiba, dan masih banyak lagi. Lengkapi segala kebutuhan Anda hanya di Lazada.co.id.
  A. Kekuatan (Strenghts)  :
·         Beraneka Ragam Produk Tersedia
·         Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
·         Bebas Ongkos Kirim
·         COD (Cash On Delivery)
·         Pengiriman Barang Cepat
·         Jangkauan global
·         Kecepatan menjangkau pasar
·         Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
·         Efisiensi pengadaan produk
·         Informasi yang up-to-date
·         Biaya Promosi Kecil
·         Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir.
B.       Kelemahan (Weaknesses) :
Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk melakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya :

·        Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
·       Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
·      Barang tidak bisa dipegang secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas barang dan penipuan.
·   Belum bisa menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan internet yang baik.
·        Batas pembayaran yang sangat singkat.
·        Keamanan
·        Kepercayaan dan resiko
·        Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
·        Penipuan
·       Akses Internet yang lambat
·       Permasalahan hukum/legalitas
·       Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
·       Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )
C.      Peluang (Opportunities) :
·         Bisa diakses dimana saja –kapan saja
·         Lebih banyak pilihan produk dan jasa
·         Harga lebih murah
·         Pengiriman/pe-nyampaian segera
·         Ketersediaan informasi
·         Kesempatan berpartisipasi
·         Wahana komunitas elektronik
·         Personalisasi
·         Tidak dikenai pajak penjualan
·         Semakin meningkatnya perangkat mobile
·         Biaya akses internet semakin murah.
·         Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
·    Semakin berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, dll.
·        Pertumbuhan penduduk kelas menegah semakin besar.
D.         Ancaman (Threat) :
Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya  termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain
·      Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.
·  Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya.
·        Terdapat pihak yang membuat website palsu.
·        Persaingan e-commerce dalam dunia global.
·        Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA.
·        Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya.
     
                             TOKOPEDIA 
Image result for TOKOPEDIA


   Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. tokopedia dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari customer-ke-customer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang   sudah ditentukan). tokopedia memiliki visi membangun indonesia lebih baik lewat internet ,tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perorangan untuk membangun usaha mereka dengan memasarkan produk secara online

                                A. Kekuatan  (Strengths)        
 
·  Tokopedia ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli
·     Gampang ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi)
·     Tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari     kategori sampai keterangan-keterangan yang lain.
·     Adanya fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon pembeli yang lainnya.
·  Adanya fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini dibatasi, yaitu satu jam sekali 
B. Kelemahan (weaknesses) 
 
·   Tokopedia ini memakai bahasa indonesia sehingga situs ini susah go internasional.
·    Karena bergantung dengan internet, sinyal internet kadang susah dijangkau di daerah-daerah tertentu.
· Data informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
·         Fitur berbayar untuk penjual cukup mahal
                             C.      Peluang   (Opportunities) :
·      Masyarakat di indonesia sebenarnya masi ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu.
·    Biasanya jual beli online itu biasanya memakai bahasa inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan itulah yang diambil karena tokopedia sendiri memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.
                                  D.       Ancaman (Threat) :
·     Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yang lain.
·        Ancaman dari hacker
ELEVANIA 

Elevenia adalah situs belanja online dengan konsep open marketplace nomor23 di Indonesia yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online. Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara lain: fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food. Elevenia akan memfasilitasi proses transaksi antara penjual dan pembeli. Penjual dan pembeli tak perlu berhubungan langsung atau melakukan COD (Cash On Delivery), tapi seluruh keamanan dan jaminan pembelian produk akan difasilitasi oleh Elevenia.Situs Elevenia menyajikan desain website yang menarik dengan pemilihan warna layout yang atraktif. Para pengguna internet yang berselancar ke situs ini pasti tertarik untuk melihat-lihat apa yang disajikan dan ditawarkan oleh situs ini.Apalagi ketika melihat display produk yang menarik dan tag aneka diskon dan voucher belanja. Merelakan sedikit waktu untuk membuka kategori produk pasti tak masalah. Sampai Maret 2014 terdapat delapan kategori produk pada situs Elevenia yakni fashion, beauty & health, babies & kids, home &garden, gadget & computer, hobby dan service & food.
 
      A.      Kekuatan  (Strenghts) 
 
·   Harga di elevenia.co.id lebih bersaing di bandingkan e-commerce yang lain.
·  Lebih banyak diskon yang ditawarkan. 
B.      Kelemahan  (Weaknesses) :
 
·     Sulit untuk melakukan komplain ketika barang yang sudah dibeli rusak.
·  Akses situs yang tidak ramah ketika internet lambat.
C.      Peluang (Opportunities) :
 
·    Bisa diakses dimana saja dan kapan saja
·    Lebih banyak pilihan produk dan jasa
·       Harga lebih murah
·       Ketersediaan informasi
·       Kesempatan berpartisipasi
·        Wahana komunitas elektronik
·        Personalisasi
·        Tidak dikenai pajak penjualan
. Pengiriman /penyampaian segera
D.      Ancaman (Threat) :
 
·  Saat pemesanan tiba-tiba barang yang dipesan sudah habis stok
·     Banyak pembeli yang belum melakukan pembayaran sampai batas jatuh tempo pembayaran
·        Harga tidak stabil
·      Aplikasi mobile atau website bisa terjadi eror
 
BUKALAPAK
 Image result for bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual – beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C ), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
A.      Kekuatan  (Strenghts) :
 
·  Mudah di akses dari Web maupun mobile
·   Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
· Sering adanya discount bagipembeli tetapi tidak meruggikan penjual
·    Adanya Sistem Payment Sistem
·   Tampilan yang simple dan tidak berat.
·   Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
·       Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
B.      Kelemahan (Weaknesses)  :
 
·        Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
·   Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
C.       Peluang (Opportunities)  :
 
·     Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
· Bisa menjangkau seluruh indonesia
·      Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya

D.      Ancaman (Threat) :
 
·  Persaingan dengan situs jualbeli lain yang hampir sama
· Apabila tidak ada program daninovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain
                                   BLIBLI.COM
Blibli.com adalah salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanjaonline ala mall. Dengan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.
                      A. Kekuatan (Strenghts) :
·     Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
·   Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
·    Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
·   Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
·    Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
·   Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.
                      B.      Kelemahan (Weaknesses) :
 
·   Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
·   Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
·  Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
·    Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman. 
C.       Peluang (Opportunities) :
·         Memberikan keuntungan yang cukup besar.
·         Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
·  Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat
                D.      Ancaman (Threat) :
 
·         Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
·         Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
·         Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
  
Oleh 
Ni Putu Purnama Dewi 
15110111053
Program Studi Manajemen Perhotelan 
Universitas Dhyana Pura 
 
 




                                                           

                                                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumlah pengguna internet di indonesia pada tahun 2017 (TUGAS 3)

Perbedaan antara software ,brainware dan hardware (TUGAS 2)