ANALISA SWOT SITUS E-COMMERCE LAZADA, TOKOPEDIA, ELEVENIA, BUKALAPAK DAN BLIBLI.COM (TUGAS 6)

LAZADA
Lazada.co.id
adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan berbagai produk
terlengkap dan terpercaya di Indonesia. memenuhi segala kebutuhan dengan
menawarkan berbagai pilihan produk dari segala kategori, mulai dari elektronik,
komputer, laptop, tablet, kamera, furnitur, mainan dan peralatan anak-anak,
buku, alat olahraga, produk kecantikan, dan lain- lain. Temukan kemudahan
berbelanja dengan produk- produk dari merk ternama, baik lokal maupun
internasional di Lazada.co.id
Lazada.co.id selalu mengikuti
perkembangan produk- produk terbaru dari berbagai kategori. Dengan fasilitas
pre-order, Memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Berbagai diskon dengan potongan
harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik. Informasi
mengenai segala produk yang diinginkan juga bisa didapatkan dengan mudah di
website untuk kenyamanan berbelanja.
Saat ini Lazada.co.id sudah menggandeng merk
ternama seperti Acer, Apple, Asus, Blackberry, Canon, Dell, HP, HTC, LG, Nikon,
Nokia, Panasonic, Samsung, Sony, Toshiba, dan masih banyak lagi. Lengkapi
segala kebutuhan Anda hanya di Lazada.co.id.
A. Kekuatan (Strenghts) :
·
Beraneka Ragam Produk Tersedia
·
Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
·
Bebas Ongkos Kirim
·
COD (Cash On Delivery)
·
Pengiriman Barang Cepat
·
Jangkauan global
·
Kecepatan menjangkau pasar
·
Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
·
Efisiensi pengadaan produk
·
Informasi yang up-to-date
·
Biaya Promosi Kecil
·
Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir.
B.
Kelemahan (Weaknesses) :
Karena mudah
dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk melakukan dan
bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga
menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain,
diantaranya :
· Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
· Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
· Barang tidak bisa dipegang secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran
pelanggan terhadap kualitas barang dan penipuan.
· Belum bisa menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum
mempunyai jaringan internet yang baik.
· Batas pembayaran yang sangat singkat.
· Keamanan
· Kepercayaan dan resiko
· Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
· Penipuan
· Akses Internet yang lambat
· Permasalahan hukum/legalitas
· Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
· Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )
C.
Peluang (Opportunities) :
·
Bisa diakses dimana saja –kapan saja
·
Lebih banyak pilihan produk dan jasa
·
Harga lebih murah
·
Pengiriman/pe-nyampaian segera
·
Ketersediaan informasi
·
Kesempatan berpartisipasi
·
Wahana komunitas elektronik
·
Personalisasi
·
Tidak dikenai pajak penjualan
·
Semakin meningkatnya perangkat mobile
·
Biaya akses internet semakin murah.
·
Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
· Semakin berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti
facebook, twitter, instagram, line, dll.
· Pertumbuhan penduduk kelas menegah semakin besar.
D.
Ancaman (Threat) :
Berbagai bisnis
apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis
online ini.Ancaman berbisnis online antara lain
· Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh
konsumen.
· Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan
e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya.
· Terdapat pihak yang membuat website palsu.
· Persaingan e-commerce dalam dunia global.
· Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA.
· Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya.
TOKOPEDIA

Tokopedia.com
adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. tokopedia dimiliki dan
dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari
customer-ke-customer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani
calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan,
bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas
produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga
yang sudah ditentukan). tokopedia memiliki visi membangun indonesia lebih baik lewat internet ,tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perorangan untuk membangun usaha mereka dengan memasarkan produk secara online
A. Kekuatan (Strengths) :
· Tokopedia
ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun
membeli
· Gampang
ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi)
· Tampilan
dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan-keterangan
yang lain.
· Adanya
fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca
diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon
pembeli yang lainnya.
· Adanya
fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur
gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini
dibatasi, yaitu satu jam sekali
B. Kelemahan (weaknesses)
· Tokopedia
ini memakai bahasa indonesia sehingga situs ini susah go internasional.
· Karena
bergantung dengan internet, sinyal internet kadang susah dijangkau di
daerah-daerah tertentu.
· Data
informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi
penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
·
Fitur berbayar
untuk penjual cukup mahal
· Masyarakat di indonesia sebenarnya masi ragu akan pembelian barang atau
jasa di internet (jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli
tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu
bisa ditipu.
· Biasanya jual beli online itu biasanya memakai bahasa inggris sedangkan
msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan
itulah yang diambil karena tokopedia sendiri memakai bahasa indonesia yang
artinya memudahkan masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.
D.
Ancaman (Threat) :
· Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yang lain.
·
Ancaman dari hacker
ELEVANIA
Elevenia adalah situs belanja online dengan konsep open marketplace
nomor23 di Indonesia yang memberikan kemudahan dan keamanan
berbelanja. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta
belanja online. Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan
lebih dari 2 juta produk dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara lain: fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food. Elevenia
akan memfasilitasi proses transaksi antara penjual dan pembeli. Penjual dan
pembeli tak perlu berhubungan langsung atau melakukan COD (Cash On Delivery),
tapi seluruh keamanan dan jaminan pembelian produk akan difasilitasi oleh
Elevenia.Situs
Elevenia menyajikan desain website yang menarik dengan pemilihan warna layout
yang atraktif. Para pengguna internet yang berselancar ke situs ini pasti
tertarik untuk melihat-lihat apa yang disajikan dan ditawarkan oleh situs ini.Apalagi
ketika melihat display produk yang menarik dan tag aneka diskon dan voucher
belanja. Merelakan sedikit waktu untuk membuka kategori produk pasti tak
masalah. Sampai Maret 2014 terdapat delapan kategori produk pada situs Elevenia
yakni fashion, beauty & health, babies & kids, home &garden, gadget
& computer, hobby dan service & food.
A. Kekuatan (Strenghts) :
· Harga di
elevenia.co.id lebih bersaing di bandingkan e-commerce yang lain.
· Lebih
banyak diskon yang ditawarkan.
· Sulit
untuk melakukan komplain ketika barang yang sudah dibeli rusak.
· Akses situs
yang tidak ramah ketika internet lambat.
· Bisa diakses dimana saja dan kapan saja
· Lebih banyak pilihan produk dan jasa
· Harga lebih murah
· Ketersediaan informasi
· Kesempatan berpartisipasi
·
Wahana komunitas elektronik
·
Personalisasi
·
Tidak dikenai pajak penjualan
. Pengiriman /penyampaian segera
· Saat pemesanan tiba-tiba barang yang dipesan sudah habis stok
· Banyak pembeli yang belum melakukan pembayaran sampai batas jatuh tempo
pembayaran
· Harga tidak stabil
· Aplikasi mobile atau website bisa terjadi eror
BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu
pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga
dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.
Seperti halnya situs layanan jual – beli daring (online) dengan model bisnis
consumer-to-consumer (C2C ), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari
konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk
kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun
dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan
menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan
bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan
rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
· Mudah di
akses dari Web maupun mobile
· Mudahnya pencarian
barang karena banyaknya penjual
· Sering
adanya discount bagipembeli tetapi tidak meruggikan penjual
· Adanya
Sistem Payment Sistem
· Tampilan yang simple dan tidak berat.
·
Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs
lain.
· Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
· Karena
Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening
BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
· Apabila
ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi
penjual
· Membuat
inovasi dan diskon pada hari tertentu
· Bisa
menjangkau seluruh indonesia
·
Banyaknya
penjual yang dapat menjaual barang nya
Blibli.com adalah salah
satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanjaonline ala mall. Dengan
konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja
di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan
dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga
yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada
tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra
logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk
menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.
A. Kekuatan (Strenghts) :
· Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di
Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis
soalnya.
· Kupon belanja yang mudah
didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah
kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
· Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat
saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos
kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
· Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa
bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu
membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim
support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
· Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya
tidak kecewa sama sekali.
· Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun
ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.
B.
Kelemahan (Weaknesses) :
· Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari
sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda
membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami
dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di
tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
· Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke
customer care Blibli untuk hal ini.
· Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan
diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat
meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek
kabar terbarunya.
· Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya
(Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini
kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah
sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya.
Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak
lama tapi barang aman.
C.
Peluang (Opportunities) :
·
Memberikan keuntungan yang cukup besar.
·
Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
· Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat
·
Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
·
Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
·
Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada
lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
Oleh
Ni Putu Purnama Dewi
15110111053
Program Studi Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura


Komentar
Posting Komentar