TUGAS 10 (Definisikan Prilaku Konsumen ,Riset Pasar dan CRM (Customer Relationship Management)
PERILAKU KONSUMEN
Definisi perilaku konsumen yang lainnya yaitu proses dan aktifitas saat seseorang atau organisasi berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian, dan pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa.
Sehingga hasil riset
nantinya diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam penentuan keputusan bagi
pihak manajemen. Melalui riset ini akan diketahui beberapa hal yang perlu
dibenahi dan menjadi masukan bagi perumusan strategi yang efektif sesuai dengan
kondisi pasar yang ada. Setiap usaha maupun perusahaan dalam praktiknya
memiliki cara melakukan riset pasar yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan
keadaan usaha masing-masing.
CRM (Customer Relationship
Management)
www.undhirabali.ac.id
Perilaku
konsumen
adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk
dan jasa
demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Definisi perilaku konsumen yang lainnya yaitu proses dan aktifitas saat seseorang atau organisasi berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian, dan pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa.
Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa
tahap diantaranya tahap sebelum pembelian, pembelian, dan tahap setelah
pembelian barang atau jasa. Pada tahap sebelum pembelian konsumen biasanya
melakukan pencarian informasi mengenai produk dan jasa tersebut. Lalu pada
tahap pembelian, konsumen melakukan pembelian produk atau jasa. Dan pada tahap
setelah pembelian, konsumen akan melakukan konsumsi atau penggunaan produk,
evaluasi kinerja produk atau jasa tersebut, dan pada akhirnya akan membuang
produk atau jasa tersebut setelah digunakannya.
Beberapa pengertian perilaku konsumen menurut
para ahli:
- Lalu menurut, Schiffman & Kanuk: Merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia & dimiliki (waktu, uang & usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
- Dan menurut, John C. Mowen & Michael Minor : perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) & proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa & pengalaman serta ide-ide.
- Menurut Schiffman dan Kanuk [2000]: adalah proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, & bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
Jadi
Perilaku Konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi produk ataupun jasa setelah dikonsumsi untuk
memenuhi kebutuhannya.
RISET PASAR
Riset pasar adalah aktivitas riset/research/penelitian yang dilakukan di
dalam bidang pemasaran. Kegiatan di dalam riset ini meliputi pengumpulan
informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan (target market,
pesaing, lingkungan bisnis dll).
Kegiatan riset pasar dilakukan
dengan sistematis yang harus memperhatikan beberapa langkah. Secara garis besar
proses riset pasar adalah sebagai berikut :
- Perumusan masalah
- Penentuan tujuan riset pasar
- Pengumpulan data
- Analisis data
- Interpretasi hasil riset pasar
Riset pasar adalah sesuatu yang
sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja
yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis.
Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada
dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat
produk atau jasa dapat bersaing di pasaran.
Dengan riset pasar dapat diketahui
pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana
produk atau jasa tersebut di butuhkan,dan kualitas produk seperti apa yang
dibutuhkan para konsumen. Dan dapan juga diketahui seberapa besar permintaan
dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan
tersebut menurun dari konsumen.
Customer
Relationship Management disingkat CRM adalah strategi bisnis untuk
mengoptimalkan profitabilitas perusahaan dengan mempertahankan dan meningkatkan
jumlah pelanggan. Fokus utama strategi ini adalah pada pengembangan kepuasan
pelanggan, diantaranya dengan cara memahami pelanggan, mempertahankan pelanggan
melalui pengalaman pelanggan, menarik pelanggan baru, memenangkan kontrak,
meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya manajemen pelanggan.
CRM
(Customer Relationship Management) adalah sistem manajemen yang secara khusus
menangani hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dengan tujuan
meningkatkan nilai perusahaan di mata para konsumennya. Untuk mencapai
keunggulan kompetitif dengan fokus pada hubungan pelanggan, organisasi bisnis memerlukan
informasi tentang siapa pelanggan mereka, apa yang pelanggan inginkan,
bagaimana kebutuhan pelanggan mereka dipuaskan dan faktor-faktor lain yang
terkait.
Beberapa pengertian CRM
(Customer Relationship Management) menurut
para ahli:
- Menurut Yahya (2008:82), CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan. Dengan demikian melalui CRM perusahaan dapat melakukan pendekatan sehingga dapat menarik sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
- Menurut Tunggal (2008), Customer Relationship Management adalah suatu strategi untuk mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan konsumen yang paling bernilai bagi perusahaan. CRM berkonsentrasi pada apa yang konsumen nilai, bukan pada apa yang perusahaan ingin jual.
- Menurut Heru (2003), CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga konsumen (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi konsumen baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing, atau CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen.
Jadi CRM
(Customer Relationship Management) adalah sebuah usaha dalam
menyediakan suatu jembatan strategis dari strategi pemasaran dan teknologi
informasi bertujuan menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang dan
berkaitan dengan profitabilitas.
Oleh
Ni Putu Purnama Dewi
15110111053
MP.B/6
Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura
Komentar
Posting Komentar